Aktifitas Wisata dan Fasilitasnya Oray Tapa – Pegunungan Manglayang

Oray Tapa – Pegunungan Manglayang merupakan tempat wisata yang berupa Bumi Perkemahan dengan fasilitas yang cukup lengkap dan menarik. Wana wisata Oray Tapa letaknya di kawasan Bandung Timur, tepatnya di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan.(wikimapia.org)

Oray Tapa kebanyakan merupakan lahan hutan yang banyak ditanami oleh pepohonan pinus dan juga cemara. Oray Tapa mempunyai luas sekitar 5 Hektar dan berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Lokasi yang strategis inilah yang menjadi salah satu alasan banyak wisatawan menjadikan Oray Tapa sebagai destinasi wisata alam di bandung timur yang menarik selama liburan tiba.

Mungkin kelihatan seseram namanya, akses menuju Oray Tapa cukup sulit. Jalan yang harus dilalui berupa tanjakan tajam dan sangat panjang dan tidak berujung. Untungnya jalan tersebut masih bagus, beraspal dan mulus.

Oray Tapa Pegunungan Manglayang
Berbagai aktifitas wisata dapat dilakukan di Oray Tapa – Pegunungan Manglayang ini. Walaupun tergolong Bumi Perkemahan (Buper) namun tidak hanya camping yang dapat dilakukan disini. Para pengunjung dapat pula mencoba motorcross, bersepeda santai, ataupun offroad disini karena medannya yang cukup menantang.

Berbagai fasilitas pun disediakan tempat wisata yang cukup murah meriah ini. Untuk memenuhi semua kebutuhan pengunjung, antara lain papan petunjuk, loket karcis, tempat parkir, jalan setapak, tempat duduk, mushola, MCK dan shelter.

Satu hal menarik yang dapat ditemui di wana wisata ini adalah adanya sumber mata air alami. Sumber mata air ini sangat aneh karena munculnya justru saat musim kemarau. Konon sumber air ini muncul pada tahun 1997 dan hingga kini sumber air tersebut banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Menurut kepercayaan pengunjung yang pernah datang ke Oray Tapa – Pegunungan Manglayang, sumber air tersebut juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini