Wisata Bandung Timur: Menikmati Keindahan Puncak Gunung Manglayang

Salah satu wisata yang ditawarkan dalam serangkaian tempat wisata Bandung Timur adalah mendaki gunung. Gunung yang sangat cocok untuk didaki adalah gunung Manglayang.

Gunung Manglayang mempunyai pesona tersendiri walaupun belum terlalu terkenal. Bagaimana rasanya menikmati sudut wisata Bandung timur dengan mendaki gunung yang satu ini?

Berikut ulasan mengenai Gunung Manglayang sebagai info wisata di bandung timur selengkapnya.

Mendaki Gunung Manglayang, Wisata Menguji Adrenalin

Gunung Manglayang merupakan bagian dari rangkaian pegunungan yang mengelilingi kota Bandung. Dibandingkan dengan tempat wisata di bandung yang lain, gunung ini merupakan gunung terendah karena hanya memiliki ketinggian sekitar 1.818 di atas permukaan laut.

Gunung Manglayang Tempat Wisata Untuk Menguji Adrenalin

Gunung Manglayang, Tempat Wisata Untuk Menguji Adrenalin

Walaupun tergolong sebagai gunung terendah namun mendaki gunung ini tak kalah menarik dibandingkan dengan pendakian gunung-gunung lainnya maupun wisata Bandung timur lainnya.

Pendakian gunung Manglayang dapat dimulai dari berbagai jalur, antara lain Bumi Perkemahan Palintang di Ujung Berung, Wanawisata Situs Batu Kuda di daerah Cikoneng, dan Baru Beureum TanjungSari kabupaten Sumedang.

Gunung Manglayang membentang antara kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang sehingga saat mendaki akan dapat melihat keseluruhan pemandangan kota Bandung dan Sumedang yang sangat indah.

Mendaki gunung Manglayang ini harus melewati medan yang cukup berat karena medan memiliki derajat kemiringan antara 45-75 derajat. Mungkin wisata ke Gunung Manglayang ini bukanlah tempat yang cocok dan bukan merupakan obyek wisata anak di bandung.

Puncak gunung terbagi menjadi 3 puncak yaitu puncak barat, puncak timur, dan puncak utama. Di puncak timur inilah para pendaki bisa menikmati pemandangan kota Bandung dan Sumedang.

Wisata Batu Kuda di Gunung Manglayang

Wisata Bandung timur yang termasuk bagian dari gunung Manglayang adalah Batu Kuda. Batu Kuda merupakan nama tempat wisata di bandung yang sangat identik dengan legenda Tangkuban Perahu, Danau Bandung, dan legenda Sangkuriang.

Wisata Batu Kuda di Gunung Manglayang

Batu Kuda Objek Wisata Sakral di Gunung Manglayang

Tempat ini dianggap sakral dan suci oleh masyarakat sekitar, sehingga bagi Anda yang berniat mengunjungi tempat wisata batu kuda diharuskan berwudhu terlebih dahulu atau dalam keadaan suci agar bisa selamat saat berada di tempat tersebut.

Di tempat ini banyak sekali batu-batu berserakan yang konon berasal dari letusan gunung Sunda Purba ribuan tahun yang lalu.

Nama Batu Kuda sendiri diambil dari adanya sebuah batu yang menyerupai bentuk kuda. Ada juga batu yang bernama Batu Korsi yang bentuknya seperi sofa.

Itulah sedikit ulasan info wisata di bandung mengenai alam gunung Manglayang dan tempat wisata batu kuda, yang termasuk salah satu wisata Bandung timur.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini