Taman Budaya Jawa Barat Sebagai Bagian Wisata Seni di Bandung

Bandung masih sangat lekat dengan kebudayaan Sunda. Guna menjaga kelestarian adat dan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang maka salah satu tempat wisata seni di Bandung masih dipertahankan.

Wisata seni yang dimaksud yaitu Taman Budaya Jawa Barat. Objek wisata ini lebih akrab disebut dengan Dago Tea House. Berikut ini ulasan secara lebih detail info wisata di bandung mengenai salah satu wisata seni di Bandung ini.

Aktifitas di Taman Budaya Jawa Barat

Taman Budaya Jawa Barat (Jabar) dicanangkan pendiriannya sejak tahun 1978 dan baru diresmikan pada tahun 1991. Lokasi Taman Budaya ini berada di Bukit Dago.

Jika anda berkunjung kesini saat malam hari maka anda dapat menyaksikan gemerlapnya lampu-lampu rumah di Bandung yang sangat indah.

Berbagai sarana dan prasarana tersedia disini untuk memanjakan pengunjungnya, antara lain wisma seni, ruang workshop, serta ruang pamer Galery Teh.

Segala fasilitas ini akan membuat anda malas beranjak dari tempat wisata ini. Fungsinya sebagai wisata seni di Bandung maka dari pihak Dinas Kepariwisataan dan kebudayaan Jawa Barat Bandung sendiri selalu mengadakan kegiatan berupa pagelaran seni budaya Jawa Barat dan Nasional melalui program revitalisasi.

Pagelaran-pagelaran yang pernah diadakan antara lain pagelaran kawih Parahyangan dengan tembang Sunda karya Nano S, Pagelaran Metadata, Pagelaran Apresiasi Seni Pelajar, Workshop Kriya Bambu, Pagelaran Angklung Kolosal, Pagelaran Gending Karesmen dan Pagelaran Sendratari.

Taman Budaya Jawa Barat Sebagai Bagian Wisata Seni di Bandung
Pagelaran Seni di Taman Budaya Bukit Dago

Setiap Pagelaran telah dijadwal dan jadwal tersebut dapat dilihat pada spanduk besar yang ada di dekat gerbang masuk.

Selain penyelenggaraan pagelaran secara rutin diadakan pula pagelaran bulanan yaitu Pesona Budaya Sumedang. Agenda ini baru saja terlaksana bulan Mei silam.

Fasilitas Restoran dan Penginapan

Anda yang ingin mengunjungi Dago Tea House sebaiknya mengunjungi lokasi wisata seni di Bandung ini pada malam hari.

Mengapa demikian? Saat malam harilah pagelaran diselenggarakan dan pastinya membuat suasana semakin ramai dan meriah.

Di sekitar tempat wisata ini banyak tersedia penjual makanan ringan khas Sunda seperti bajigur, kacang dan jagung rebus, serta ubi. Atau jika ingin menikmati makan malam di sebuah tempat bagus maka terdapat Cafetaria Boga Kuring yang siap menyediakan makanan khas Sunda untuk anda.

Penginapan juga ada disini. Jadi bagi anda yang kemalaman dapat menyewa penginapan untuk bermalam disini. Baca juga, obyek wisata di bandung timur.

0 Response to "Taman Budaya Jawa Barat Sebagai Bagian Wisata Seni di Bandung"

Posting Komentar

Ingin berwisata ke bandung dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan termurah? Anda bisa mendatangi tempat-tempt asyik seperti De Ranch, Kampung Gajah, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Floating Market Lembang, Trans Studio Bandung, Saung Angklung Udjo, Situ Cileunca Pangalengan, dan banyak lagi. Silahkan dapatkan paketnya di sini