Teropong Bintang Bosscha Lembang Tempatnya Wisata Sembari Belajar

Teropong Bintang Bosscha – Lembang atau Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang di Indonesia yang sangat tepat juga dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus tempat menimba ilmu.

Untuk mencapai tempat wisata di bandung Observatorium Bosscha hanya butuh perjalanan sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bandung.

Luas area wisata pendidikan ini mencapai 6 hektar dan tingginya mencapai 1310 meter menjadikan tempat ini sebagai tempat melihat dan memantau benda-benda angkasa.

Terdapat sekitar 5 teropong yang ada di tempat ini, antara lain Teleskop Bamberg, Teleskop Schmidt Bima Sakti, Teleskop Refaktor Ganda Zeiss, Teleskop Cassegrain GOTO, Teleskop Refaktor Unitron, Teleskop Surya dan Teleskop radio 2,3m.

Ketujuh teleskop tersebut merupakan teleskop terbesar yang ada di kawasan Teropong Bintang Bosscha.

Teropong Bintang Bosscha, yang saat ini bagus merupakan tempat wisata di bandung ini, dibangun oleh atas gagasan dari Joan George Gijsbertus Voute dan dukungan sahabatnya Karel Albert Rudolf Bosscha dan Rudolf Albert Kerkhoven pada abad ke 20-an.

Teropong Bintang Bosscha
Teropong Bintang Bosscha
Saat perang dunia II, teropong Bintang tersebut mengalami kerusakan dan akhirnya pada tahun 1951, tepatnya tanggal 17 Oktober, teropong Bintang Bosscha resmi diberikan kepada pemerintah Indonesia. Dan sejak tahun 2004 teropong bintang ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia, berlanjut pada tahun 2008 pemerintah kembali menetapkan Teropong Bintang Bosscha sebagai salah satu objek vital nasional.

Hal yang sangat disayangkan yaitu saat ini teropong Bintang Bosscha tidak lagi digunakan sebagai peneropongan bintang karena kawasan Lembang mulai banyak dijadikan sebagai pemukiman penduduk dan berkurangnya hutan atau pepohonan.

Baca juga artikel menarik lainnya:
Penginapan di dago bandung yang murah
Wisata renang di bandung
Situ legenda ciung wanara

Pepohonan yang ditebang menyebabkan intensitas cahaya berlebihan dan tidak bisa digunakan lagi untuk melihat bintang. Namun jika ingin berkunjung ke Teropong Bintang Bosscha – Lembang masih diperbolehkan asalkan dengan ijin terlebih dahulu.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini