Mengenal Legenda Ciung Wanara dari Situsnya

Situs Legenda Ciung WanaraKarangkamulyan. Siapa yang tidak pernah mengenal nama Ciung Wanara? Nama seseorang dalam Legenda tersebut tidak hanya dapat dikenang namanya saja namun di Bandung terdapat tempat peninggalan atau situs purbakala yang berkaitan dengan Ciung Wanara dan kerajaan Galuh.

Letaknya di Desa Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis. Kawasan ini memang tidak diresmikan sebagai tempat wisata namun tak jarang pengunjung berdatangan untuk melihat bagaimana pesona yang ditawarkan area arkeologi yang mempunyai luas mencapai 25 hektar ini.

Situs Legenda Ciung Wanara akrab disapa dengan sebutan Situs Karangmulyan, yaitu diambil dari nama desanya. Walaupun bukan area wisata namun beberapa fasilitas tersedia dalam kondisi cukup baik. Antara lain areal parkir yang luas serta pepohonan perdu sengaja ditanam agar hawa sejuk senantiasa dapat terasa.

Situs Legenda Ciung Wanara Karangmulyan

Batu-batu yang terdapat di Situs Legenda Ciung Wanara

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kebanyakan benda-benda yang berada di lokasi ini berbentuk bebatuan. Batu-batu tersebut berada dalam sebuah struktur bangunan yang sangat unik bentuknya. Bangunan tersebut antara lain:

Situs Legenda Ciung Wanara Karangmulyan
  • Tempat Penyabungan ayam. Masyarakatsekitar menamakan sbuah tempat yang terletak kurang lebih 5 meter dari pintu masuk ini dengan sebutan tempat penyabungan ayam karena dipercaya, dahulu di tempat inilah Ciung Wanara dan Raja mengadu ayam-ayamnya.
  • Sanghyang Bedil. Ukurannya 6.20 x 6 meter dengan tinggi sekitar 80 cm, Sanghyang Bedil merupakan suatu tempat yang digunakan sebagai pertanda. Konon dahulu jika akan ada suatu kejadian maka dari Sanghyang Bedil inilah akan keluar bunyi letusan.

Situs Legenda Ciung Wanara Karangmulyan

Sebenarnya selain dua tempat tersebut masih banyak lagi benda yang terdapat di tempat Situs Legenda Ciung Wanara – Karangkamulyan. Diantaranya : Batu Pangcalikan ialah bekas singgasana dan tempat bermusyawarah raja, Lambang Peribadatan, Sumber Air Citeguh dan Cirahayu, Makam Adipati Panaekan, Pamangkonan, Batu Panyadaan, Patimunan, Leuwi Spatahunan yaitu tempat Bayi Ciung Wanara di buang (Dibuang di Sungai Citanduy). Daripada penasaran, silahkan berkunjung saja agar bisa mengetahui lebih dekat.

Demikian info wisata di bandung timur mengenai wisata sejarah situs legenda ciungwanara di Desa Karangmulyan. Baca juga, wisata renang di bandung.

0 Response to "Mengenal Legenda Ciung Wanara dari Situsnya"

Posting Komentar

Ingin berwisata ke bandung dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan termurah? Anda bisa mendatangi tempat-tempt asyik seperti De Ranch, Kampung Gajah, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Floating Market Lembang, Trans Studio Bandung, Saung Angklung Udjo, Situ Cileunca Pangalengan, dan banyak lagi. Silahkan dapatkan paketnya di sini