Monumen Husein Sastranegara Bandung : Menelisik Sejarah

Berbagai tempat yang lekat dengan nilai histori dipunyai oleh kota Bandung. Salah satunya yaitu Monumen Husein Sastranegara – Jl. Pajajaran. Sepertihalnya Monumen Bandung Lautan Api, Monumen Husein Sastranegara pun memiliki latar belakang sejarah, bedanya monumen ini lebih signifikan dekat dengan figur kepahlawanan, yakni seorang Husein Sastranegara. Siapa Husein Sastranegara tersebut?

Berikut kisah selengkapnya, saya informasikan bagi pengunjung setia blog info wisata di bandung. Husein Sastranegara adalah seorang pahlawan yang mempunyai jasa yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia serta dunia TNI Angkatan Udara Indonesia.

Husein Sastranegara merupakan seorang tokoh yang ikut terlibat memperjuangkan bangsa Indonesia pada masa-masa revolusi fisik. Beliau memiliki suatu pemikiran yang amat cerdas dan senantiasa berpikir ke depan guna membangun TNI Angkatan Udara Indonesia.

Sayangnya segala tekad yang dimilikinya untuk membela Negara Indonesia tidak bisa beliau wujudkan dalam waktu yang lama. Beliau hanya dapat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia selama satu tahun lebih sedikit.

Monumen Husein Sastranegara Bandung
Monumen Husein Sastranegara Bandung
Dan tepat setelah 5 bulan Angkatan Udara Indonesia resmi didirikan, Husein Sastranegara harus memenuhi panggilan Sang Pencipta. Baca juga, wisata bandung kota .

Masih mengenai Husein Sastranegara, pahlawan ini menurut kabar lahir di Cilaku Cianjur pada tanggal 20 Januari tahun 1919. Beliau masih keturunan ningrat dan darah biru masih mengalir di tubuhnya. Beliau merupakan anak ke 8 dari 14 bersaudara.

Husein Sastranegara menempuh pendidikan hingga bangku kuliah yaitu di ITB yang dahulu masih bernama Technische Hoge School. Beliau gugur karena kecelakaan saat menjalani uji coba terbang pesawat Cukiu di Yogyakarta pada tanggal 26 September 1946 dengan pangkat Mayor Udara.

Dikebumikan di Yogyakarta dan hingga saat ini masih sangat dihormati dan dikenang jasa-jasanya. Karena tekadnya yang membara dalam hal penerbangan itulah Monumen Husein Sastranegara dibangun tepat berada di depan Bandara yang juga memakai nama beliau, Bandara Husein Sastranegara.

Itulah sejarah mengenai Monumen Husein Sastranegara – Jl. Pajajaran serta sekilas tentang figur Husein Sastranegara. Semoga informasi mengenai sebuah tempat wisata di bandung yang memiliki latar belakang sejarah ini bermanfaat.

Dan bagi Anda yang mungkin sedang ber wisata di sekitar bandung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah monumen bersejarah, yakni Monumen Husein Sastranegara di Jalan Padjadjaran, Bandung.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini