Monumen Bandung Lautan Api dan Sejarah di Baliknya

Monumen Bandung Lautan Api – Jl. M. Toha adalah monumen tertinggi di Bandung, Jawa Barat. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa pembumihangusan wilayah Bandung pada jaman panjajahan dahulu, yaitu tragedi yang bernama Bandung Lautan Api pimpinan Muhammad Toha.

Monumen Bandung Lautan Api ini dikatakan paling tinggi karena mempunyai ketinggian hingga 45 meter dan dibangun dengan 9 sisi. Berkaitan dengan letaknya, monumen ini terletak di tengah-tengah kota Bandung yaitu di kawasan lapangan Tegallega. Oleh karenanya, Monumen Bandung Lautan Api menjadi salah satu ikon wisata bandung kota yang membanggakan.

Ketenaran monumen bandung lautan api ini karena berkaitan erat dengan sejarah kota Bandung hingga ke luar kota bahkan juga ke berbagai penjuru dunia. Inilah gambar monumen Bandung Lautan Api- Jl. M. Toha Bandung.

Monumen Bandung Lautan Api
Monumen Bandung Lautan Api
Sejarah pendirian monumen ini harus mengulas kembali tentang sejarah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa tersebut termasuk wujud upaya pembelaan rakyat terhadap penjajah Belanda pada waktu itu. Pihak Belanda memberi ultimatum kepada Tentara Republik Indonesia (TRI) agar TRI segera meninggalkan kota Bandung karena kota Bandung akan dimiliki spenuhnya oleh pemerintah Belanda.

Namun karena tak rela jika bagian dari negaranya jatuh ke tangan penjajah maka TRI yang dipimpin oleh Muhammad Toha memutuskan untuk membumihanguskan Bandung.

Para pejuang Indonesia tersebut berimigrasi ke Bandung bagian selatan kemudian setelah bermusyawarah dan menyetujui, Bandung Selatan dihancurkan. Persitiwa ini juga diabadikan dalam Lagu Halo-Halo Bandung.

Jadi bagi anda yang sangat suka mengunjungi tempat-tempat wisata di bandung yang ada kaitannya dengan sejarah maka mengunjungi Monumen Bandung Lautan Api – Jl. M. Toha haruslah anda masukkan dalam daftar kunjung anda. Selain itu, wisata di sekitar bandung kota juga akan banyak masuk list Anda nantinya.

Jika anda datang dari luar kota, anda juga tak perlu risau karena berbagai fasilitas umum tersedia tidak jauh dari lokasi monumen ini. Hotel, tempat makan, dan lainnya banyak tersedia. Silahkan kunjungi juga, Taman Ganesha ITB Bandung.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini