Taman Ganesha ITB di Bandung

Taman ganesha bandung pastinya terletak di dekat kampus ITB Bandung. Lebih tepatnya, lokasi taman ganesha ITB bandung ini berada di Jalan Ganesha, yaitu pas berhadapan dengan kampus ITB, dan sejajar dengan Mesjid Salman ITB Bandung.

Taman ganesha bandung ini perlu Anda kunjungi karena merupakan salah satu tempat wisata bandung kota yang cukup menarik. Di taman ini Anda dapat menjumpai beragam jenis burung unik serta langka. Memang, Taman Ganesha ini merupakan area konservasi untuk menyelamatkan beberapa jenis burung spesifik yang terancam punah.

Selain itu, tempatnya yang asyik, teduh, dan banyak pohonan rindang, Anda bisa duduk berdua bersama pasangan sambil menikmati cuaca bandung yang sejuk, dan semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi.

Taman Ganesha ITB
Taman Ganesha ITB

Mungkin karena letaknya berdekatan dengan kampus Intitut Teknologi Bandung, dan tempatnya yang sejuk, taman ganesha bandung ini banyak digunakan orang untuk sekedar baca-baca buku, atau untuk sekedar mengobrol dan berdiskusi dengan teman.

Taman Ganesha Bandung
Taman Ganesha Bandung


Sejarah taman ganesha bandung

Sejarah taman ganesha bandung di awali dari sejak pertama dibangunnya taman ini yakni tahun 1919. Sebelum bernama Taman Ganesha, dulu taman ini memiliki nama Ijzermanpark. Nama Ijzermanpark diambil dari nama Dr.Ir. J. W. Ijzerman yang memang memiliki jasa besar dalam pendirian Technische Hogeshool – THS (sekarang Institut Teknologi Bandung-ITB).

Patung Ijzerman
Patung Ijzrman (id.wikipedia.org)
Pada tahun 1950-an, sebuah patung dada Dr.Ir. J.W. Ijzerman masih berdiri dalam landasan tiang beton yang berada di pintu masuk utara taman.

Namun di tahun 1960-an patung Ijzerman telah digantikan dengan patung Ganesha di sana sekarang diletakan patung kontemporer terbuat dari baja tahan karat berbentuk rangka kubus (Tugu “In Harmonia Progresio”).

Dan Anda mungkin bertanya, kemanakah patung dada Ijzerman itu sekarang berada, apakah disimpan di ITB ataukah menghilang begitu saja entah kemana? Yang pasti

Jika Anda sedang berwisata di sekitar bandung, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Ganesha di ITB Bandung, Lebih asyiknya lagi, Anda tidak dipungut bayaran sepeserpun, alias gratis, lho! So simpan saja rasa penasaran Anda ya, jika Anda bertanya, “berapa sih tiket masuk taman ganesha bandung?”.

Yang pasti seandainya Anda berada di tempat ini, janganlah melakukan kerusakan keindahan serta ketertiban taman kota ini. Dan tentu saja jagalah keindahan taman ganesha bandung.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini