Gedung Sate Bandung: Gedung Kebanggaan Masyarakat Bandung

Gedung Sate Bandung - Suka berwisata ke kota Bandung? Jika iya maka anda patut untuk mengikuti pembahasan kali ini yaitu mengenai Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat). Gedung Sate menjadi salah satu tempat wisata paling diminati oleh para wisatawan baik lokal hingga asing.

Bagi Anda yang pernah ke Cihampelas Walk, tentunya tidak pernah melewatkan ikon Kota Bandung yang satu ini. Hal ini karena menuju ke Gedung sate dari Jalan Cihampelas, paling tidak dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menitan. Gedung Sate terletak di pusat kota Bandung dan termasuk bangunan terindah di Indonesia. Walaupun nama yang diusung menggunakan nama ‘Sate’ namun gedung ini tidak ada sangkut pautnya dengan sate.

Gedung sebagai ikon wisata bandung kota ini kini menjadi kantor gubernur dan pusat pemerintahan propinsi Jawa Barat. Selain itu, Gedung Sate juga dijadikan sebagai pusat penjualan berbagai makanan maupun barang lain saat akhir pekan. Dan tentu saja karena letaknya di pusat kota, Anda yang tinggal jauh dari bandung akan mudah menemukan penginapan atau hotel wisata bandung.

Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat) mempunyai sejarah yang cukup menarik. Didirikan mulai tanggal 27 Juli 1920 hingga tahun 1924, gedung ini mula-mula ditujukan untuk menjadi pusat pemerintahan Belanda.

Gedung Sate Bandung Gedung Kebanggaan Masyarakat Bandung
Gedung Sate Bandung
Memang pada saat itu, Belanda masih leluasa menjajah Indonesia dan menjadikan Bandung sebagai tempat pemerintahan karena kondisi kota Bandung sangat cocok, sejuk dan indah.

Arsitek dalam pembangunan gedung megah ini juga didatangkan langsung dari Belanda, salah satunya Ir. J. Berger. Dalam pembangunannya melibatkan sekitar 2000 pekerja. Dan dari jumlah yang sangat banyak tersebut, 150 orang merupakan seorang pemahat berkebangsaan Cina. Sementara pekerja yang lainnya merupakan tukang batu, kuli, serta pekerja bangunan yang telah berpengalaman membangun gedung-gedung megah pula, seperti kampus ITB maupun Balai Kota. Demikian berdasarkan informasi yang saya temukan di jagat maya internet.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Gedung Sate tidak secara asal-asalan dibangun. Ornament berupa beberapa tusuk sate terdapat pada puncak menara sentral gedung ini dan karena inilah gedung ini dinamai Gedung Sate. So, bandung tidak saja memiliki tempat bersejarah, seperti bandung tempo doeloe, melainkan gedung sate tentu saja merupakan aset berharga yang memiliki nilai sejarah dan kebanggan bagi masyarakat bandung bahkan indonesia dan dunia.

Menarik bukan Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat) ini? Oke, bagi Anda yang belum pernah mengunjungi salah satu yang bisa dikatakan tempat wisata di bandung yang satu ini, sepertinya lain kali harus masuk list perjalanan wisata Anda ke bandung.

0 Response to "Gedung Sate Bandung: Gedung Kebanggaan Masyarakat Bandung"

Poskan Komentar

Ingin berwisata ke bandung dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan termurah? Anda bisa mendatangi tempat-tempt asyik seperti De Ranch, Kampung Gajah, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Floating Market Lembang, Trans Studio Bandung, Saung Angklung Udjo, Situ Cileunca Pangalengan, dan banyak lagi. Silahkan dapatkan paketnya di sini