Belajar Berkebun Di Perkebunan Teh Gambung Ciwidey

Pesona wisata kota Kembang Bandung, utamanya bagian kawasan wisata Bandung Selatan yang dilengkapi dengan hamparan kebun teh yang menghijau, luas, dan sangat indah. Selain kebun teh Rancabali, ternyata di Ciwidey ini juga menyimpan sebuah area perkebunan yang tak kalah bagusnya yaitu perkebunan teh Gambung Ciwidey.

Berikut info wisata di bandung mengenai Perkebunan Teh Gambung Ciwidey. Perkebunan Teh Gambung tepatnya terletak di kawasan dingin Desa Mekarsari, Kecamatan Cisondasari, Bandung Selatan.

Berbagai keistimewaan juga dihadirkan agar pengunjung senantiasa puas saat berada di perkebunan teh ini. Salah satunya yaitu aktifitas wisata yang dinamakan Ngebekong. Apa itu ngebekong?

Ngebekong merupakan bahasa Sunda yang artinya menyimpan tanaman muda sebelum tanaman tersebut ditanamkan di ladang.

Jadi setiap wisatawan utamanya yang masih anak-anak, mereka disediakan fasilitas untuk belajar berkebun. Mereka akan diajarkan bagaimana proses berkebun yang baik mulai dari menyemai benih hingga nantinya memetik hasil.

Belajar Berkebun Di Perkebunan Teh Gambung Ciwidey
Perkebunan Teh Gambung Ciwidey

Walaupun mengusung nama kebun teh, namun berwisata disini anak-anak atau pengunjung tidak hanya akan diberikan pengetahuan mengenai teh namun berbagai sayuran yang sering ditemui pada keseharian juga akan diajarkan cara berkebunnya disini. Antara lain sayuran buncis, cabai, kacang-kacangan, maupun paprika.

Menariknya lagi, pengunjung diberikan kesempatan untuk melihat sekaligus bisa turut mengelola teh. Untuk melakukan Ngebekong teh ini, wisatawan akan diajak ke area kebun yang berada di lereng Gunung Tilu yaitu di antara perkebunan teh Malabar dan Patuha.

Disini berbagai pelajaran atau pengetahuan yang dibekalkan antara lain cara memetik teh yang baik dan benar, proses penimbangan teh di kebun, pelayuan, pengeringan, sampai pada penggilingan.

Perkebunan Teh Gambung juga mempunyai perpustakaan pusat penelitian teh dan Kina yang menyediakan berbagai buku tentang sejarah teh dan kina.

Itulah sekilas gambaran info wisata di bandung mengenai aktifitas wisata di perkebunan teh Gambung Ciwidey. Semoga bermanfaat dan menarik bagi anda.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini