Sejarah Bandung Lautan Api Secara Singkat

Sejarah Bandung Lautan Api. “Bandoeng Laoetan Api” Demikian lah sebuah judul yang menarik muncul di harian Nada Merdeka tanggal 26 Maret 1946 di catat oleh seseorang wartawan muda yang bernama Adje Bastaman. Judul itu nampak lantaran peristiwa perihal di mana Bandung jadi lautan pada tanggal 23 Maret 2015 Arti Bandung Lautan Api jadi arti yang populer sesudah momen pembumihangusan itu.

Sejarah singkat Bandung Lautan Api yang mencekam

Sejarah Bandung Lautan Api diawali dari sebuah peristiwa kebakaran besar yang berlangsung di Kota Bandung pada 23 Maret 1946. Kurun waktu 7 jam, kurang lebih sekitar 200.000 masyarakat Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal semacam ini dikerjakan untuk mencegah tentara Sekutu serta tentara NICA Belanda agar tidak bisa memakai kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. (wikipedia)

Sejarah Bandung Lautan Api Secara Singkat

Kolonel Abdul Haris Nasution sebagai Komandan Divisi III, menginformasikan hasil musyawarah itu serta memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Hari itu juga, rombongan besar masyarakat Bandung mengalir panjang meninggalkan Kota Bandung.

Bandung benar-benar menjadi lautan api. Di sana-sini asap hitam mengepul membubung tinggi. Listrikpun mati semuanya. Inggris mulai menyerang hingga pertempuran sengit berlangsung. Pertempuran yang paling seru berlangsung di Desa Dayeuhkolot, samping selatan Bandung, dimana ada pabrik mesiu yang besar punya Sekutu. TRI punya maksud menghancurkan gudang mesiu itu. Karenanya kemudian sejarah mencatat, diutuslah pemuda Muhammad Toha serta Ramdan. Kemudian pemuda itu sukses meledakkan gudang itu dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak serta terbakar, namun kedua pemuda itu juga turut terbakar di dalamnya. Staf pemerintahan kota Bandung pada awalnya bakal terus berada didalam kota, namun untuk keselamatan jadi pada pukul 21. 00 itu juga turut keluar kota. Mulai sejak waktu itu, lebih kurang jam 24. 00 Bandung Selatan sudah kosong dari masyarakat serta TRI. Namun api masih tetap membubung membakar kota. Serta Bandung juga beralih jadi lautan api.

Peristiwa Bandung Lautan Api meninggalkan sebuah lagu, monumen, dan semangat

Pembumihangusan dalam sejarah Bandung Lautan Api itu adalah aksi yang pas dan benar, lantaran kemampuan TRI serta rakyat akan tidak mampu melawan pihak musuh yang berkekuatan besar. Setelah itu TRI berbarengan rakyat melakukan perlawanan dengan cara gerilya dari luar Bandung. Momen ini melahirkan lagu " Halo-Halo Bandung " yang semangat membakar daya juang rakyat Indonesia. Oleh karena itu untuk memperingati kejadin Bandung Lautan api dibangun lah monument yang di namakan Monumen Bandung Lautan Api setinggi 45 mtr., mempunyai segi sejumlah 9 bagian.

Monumen Sejarah Bandung Lautan Api

Dan saat ini, monumen Bandung Lautan Api pun telah menjadi tempat yang asyik untuk dikunungi. Jika Anda tertarik, boleh memilih paket wisata bandung murah. Demikian mudah-mudahan sejarah Bandung Lautan Api secara singkat ini bisa memberi semangat pemuda-pemudi indonesia era sekarang yang nampak sudah agak terkikis rasa nasionalis kebangsaannya. .

Berikut cuplikan video sebagai refleksi sejarah dari peristiwa Bandung Lautan Api. Jika Anda seorang yang cinta Indonesia, wajib menonton video ini deh... dijamin bisa menambah wawasan, dan yang terpenting diharapkan akan menumbuhkan rasa nasionalis Anda.


Itulah sekelumit kisah mengenai sejrah bandung lautan api secara singkat.

1 Response to "Sejarah Bandung Lautan Api Secara Singkat "

  1. Keren, terlepas dari sejarah bandung lautan api ini bisa menjadi tempat wisata di bandung yang asik

    BalasHapus

Ingin berwisata ke bandung dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan termurah? Anda bisa mendatangi tempat-tempt asyik seperti De Ranch, Kampung Gajah, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Floating Market Lembang, Trans Studio Bandung, Saung Angklung Udjo, Situ Cileunca Pangalengan, dan banyak lagi. Silahkan dapatkan paketnya di sini