Goa Pawon Penyimpan Berbagai Benda Jaman Dahulu

Goa Pawon – Jawa Barat adalah salah satu Goa yang cukup terkenal utamanya di jajaran warga Jawa Barat sendiri. Goa Pawon terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Jika dari pusat kota Bandung berjarak kurang lebih 25 km. Akses menuju Goa Pawon jika dijangkau dari Bandung atau Jatinangor cukuplah mudah yaitu hanya perlu naik bus jurusan Jakarta, Cianjur, ataupun bus jurusan Bogor yang melewati Padalarang.

Jika sudah naik bus tersebut turunlah di jalan Raya Bandung – Cianjur. Disekitar situ akan ada palang informasi yang menunjukkan lokasi Goa Pawon dengan bertuliskan Situs Sejarah Goa Pawon.

Berikut sedikit paparan info wisata di bandung mengenai Goa Pawon. Letak Goa Pawon di Padalarang Bandung Jawabarat ini berada pada ketinggian 601 meter di bawah permukaan laut serta memiliki ketinggian ukuran panjang 38 m dan lebar 16 m.

Peta Goa Pawon
Peta Goa Pawon

Sayangnya Situs Goa Pawon kurang tenar di kalangan wisatawan. Apalagi setelah adanya penambangan secara besar-besaran di Perbukitan Karst/kapur Citatah yang merupakan bagian dari lokasi Goa Pawon ini.

Goa Pawon sejatinya amat berharga karena di lokasi ini dahulu pernah ditemukan beberapa benda-benda kuno baik itu fosil manusia purba maupun yang lainnya.

Alat-alat yang digunakan dalam kehidupan manusia pada jaman nenek moyang banyak ditemukan disini. Alat-alat tersebut berupa anak panah, pisau, penyerut, gelang batu, dan batu asah.

Pada tahun 2003 dan tahun 2004, ekskavasi pernah dilakukan dan berhasil menemukan berbagai bentuk Artefak. Artefak tersebut terdiri dari pecahan keramik, gerabah, alat serpih, alat tulang berbentuk lancipan dan spatula, alat batu pukul (perkutor), sisa perhiasan yang terbuat dari gigi binatang dan gigi ikan, moluska dan kerangka manusia purba.

Goa Pawon
Goa Pawon
Berdasarkan penemuan tersebut, Goa Pawon – Jawa Barat sangat pas untuk wisata sejarah dan bisa diandalkan sebagai ikon tempat wisata bandung barat.

Selanjutnya silahkan juga Anda bisa mengunjungi tempat wisata di seputaran bandung barat, arung jeram citarum.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini