Penangkaran Rusa Ranca Upas : Alternatif Wisata yang Tak Terlewatkan

Penangkaran Rusa Ranca Upas – Ciwidey. Kawasan wisata ini masih termasuk dalam bagian wisata daerah Ciwidey selain kawah putih, wisata petik strawberry, maupun wisata kolam renang air panas Cimanggu.

Lokasi areal penangkaran rusa Ranca Upas ciwidey ini memiliki jarak dari Pangalengan sekitar 15 km, sedangkan kalau ditempuh dari bandung, yakni sekitar 56 km. Kondisi jalan menuju tempat wisata ini cukup baik, jalan beraspal. Ranca Upas termasuk berada di kawasan wisata Bandung Selatan, Jawa Barat. Tepatnya terletak di dekat perkebunan teh Rancabali, yaitu di kaki Gunung Patuha, Ciwidey, Jawa Barat.

Bagi anda wisatawan yang pernah singgah ke Bumi Perkemahan Ranca Upas, anda pasti sudah melihat bagaimana kondisi penangkaran rusa Ranca Upas tersebut. Mengapa demikian? Karena penangkaran Rusa Ranca Upas termasuk dalam kawasan wisata Bumi Perkemahan (Buper) Ranca Upas.

Penangkaran rusa ini mempunyai luas sekitar 4 hingga 5 hektar dari keseluruhan luas bumi perkemahan Ranca Upas. Sementara rusa yang ada disini sekitar 13 ekor.

Penangkaran Rusa Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas
Pada awal diresmikannya penangkaran ini, hanya ada 6 ekor rusa yang berasal dari Kalimantan, 1 rusa jantan dan 5 rusa betina. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, rusa yang ada di kawasan wisata yang dibuka mulai tahun 1981 tersebut senantiasa berkembang hingga pernah menghasilkan 40 ekor rusa. Sayangnya beberapa ekor rusa ada yang dialihkan ke kebun binatang Bandung.

Wisatawan yang datang kesini akan melihat pemandangan menarik dimana biasanya rusa suka bergerombol dan merumput pada siang hari. Jika sedang beruntung, anda atau wisatawan yang ada berkesempatan untuk memberi makan rusa secara langsung.

Pengunjung dapat melihat langsung pada jarak yang tidak terlalu jauh dan dapat memberi makan rusa. Biasanya, ketika pawang rusa hendak memanggil, maka ia tinggal meniupkan peluit sebagai tanda yang sudah dipahami rusa. Dan tak lama dalam kawanan rusa akan berkumpul.

Penangkaran Rusa Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas
Mendengar sinyal pengontrol, biasanya sebelum rusa keluar dari persembunyian. Selain makan rumput dan air, rusa juga suka makan umbi-umbian, seperti ubi jalar dan singkong. Waktu untuk rusa untuk makan yaitu setiap pukul dua siang. Jika tidak dalam waktu makan, rusa tidak akan keluar, bersembunyi di bawah hutan lebat.

Selain bertemu langsung dengan rusa, wisatawan juga bisa menikmati indahnya kawasan tempat wisata di bandung ini dengan balutan udara yang sejuk sehingga walaupun berlama-lama melihat rusa maka tidak akan merasa bosan.

Baca juga,
Tempat wisata di bandung outbound
Tempat wisata hemat di bandung

Hingga saat ini, penangkaran rusa Ranca Upas - Ciwidey hampir selalu ramai dipadati pengunjung. Pengunjung atau wisatawan tersebut umumnya menjadikan kawasan tempat wisata di bandung penangkaran ini sebagai destinasi terakhir setelah puas ke wisata-wisata lain seperti kawah putih maupun ke pemandian air panas.

1 Response to "Penangkaran Rusa Ranca Upas : Alternatif Wisata yang Tak Terlewatkan"

  1. Aman dr longsor ga ya berwisata kesana sekarang ini?? Makasi

    BalasHapus

Ingin berwisata ke bandung dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan termurah? Anda bisa mendatangi tempat-tempt asyik seperti De Ranch, Kampung Gajah, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Floating Market Lembang, Trans Studio Bandung, Saung Angklung Udjo, Situ Cileunca Pangalengan, dan banyak lagi. Silahkan dapatkan paketnya di sini