Sejarah dan Aktivitas di Taman Tegalega – Astana Anyar Bandung

Taman Tegalega – Astana Anyar merupakan suatu taman, sepertihalnya taman lansia, yang dijadikan tempat berbagai kegiatan. Tegalega juga akrab disebut sebagai lapangan Tegalega karena dilihat dari namanya, Tegal yang berarti lapangan, sementara lega yang berarti luas.

Banyak sejarah yang terukir di taman yang merupakan salah satu tempat wisata di bandung kota, dan memiliki luas mencapai 16 hektar ini. Taman Tegalega mempunyai latar belakang sejarah tersendiri serta berbagai perubahan yang dilakukan hingga menjadi seperti Teglega yang kita lihat saat ini. Mari kita ulas sejarahnya.

Sejarah Taman Tegalega

Taman Tegalega – Astana Anyar Bandung sangat lekat kaitannya dengan monumen Bandung Lautan Api karena monumen tertinggi di Bandung ini terletak di dalam Taman Tegalega.

Namun sebelum dibangunnya monumen Bandung Lautan Api , Tegalega dahulu digunakan sebagai arena pacuan kuda yang merupakan acara tahunan kota Bandung.

Pernah pula lapangan Tegalega berganti nama menjadi Taman Ria Tegalega dan saat itu masih terdapat kolam yang namanya Tirtalega. Ini terjadi pada sekitar tahun 1976. Tegalega pada waktu itu sudah dimanfaatkan menjadi tempat wisata bandung kota bagi kalangan menengah ke bawah dengan harga tiket yang murah.

Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya Tegallega dijadikan sebuah kawasan wisata yang apik. Dibenahi dan dirapikan sehingga menjadi seperti yang sekarang ini.

Monumen Bandung Lautan Api juga dibangun didalamnya untuk memperingati peristiwa bersejarah bagi kota Bandung.

Aktivitas di Taman Tegalega

Banyak sekali aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di taman ini. Kebanyakan taman ini dijadikan tempat olahraga. Bahkan tak jarang pula dijadikan tempat konser, terkadang sampai larut malam. Sehingga taman tegalega juga bisa menjadi salah satu tempat wisata malam di bandung.

Taman Tegalega
Taman Tegalega
Banyak pula kegiatan jual beli yang dilakukan disini. Mulai sore hingga malam para pedagang memanfaatkan lapangan ini sebagai ladang rejeki. Makanan serta pakaian banyak dijual di Taman Tegalega – Astana Anyar ini. Demikian info wisata di bandung mengenai sebuah taman yang asyik untuk dikunjungi, yakni Taman Tegalega.
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini